4 STRATEGI WHATSAPP MARKETING

Sebelum kita membahas cara mengoptimalisasi whatsapp dalam berbisnis, kita bahas dulu mengenai apa itu digital marketing, mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar istilah digital marketing akhir-akhir ini, terus apa sih digital marketing itu?

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.

Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Sekarang sudah paham kan apa itu digital marketing? sudang dong :)

Selanjutnya mari kita lihat perkataan para ahli tentang pengertian digital marketing. lets go.

Tentunya para ahli dalam digital marketing memiliki definisi masing-masing. Adapun pengertian digital marketing menurut para ahli adalah sebagai berikut, apa saja itu ya?

1. Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam jaringan media sosial.

2. Kleindl dan Burrow (2005)

Pengertian digital marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi.

Secara sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.

3. Heidrick & Struggles (2009)

Digital marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Nah setelah kita tahu kata para ahli mengenai digital marketing, selanjutnya kita akan berkenalan dengan apa saja jenis-jenis digital marketing.Yuk langsung saja kita simak bersama-sama. Jenis-Jenis Digital Marketing

1. Website

Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis kita, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.

2. Search Engine Marketing

Upaya untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.

3. Social Media Marketing

Edarkan platform di media sosial  seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.

4. Online Advertising

Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang sebelumnya.

5. Email Marketing

Anda dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.

6. Video Marketing

Dengan cara ini, kita dapat langsung menjelaskan tentang bisnis kita, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

Sudah paham kan apa saja jenis-jenis digital marketing?

Karena ada enam jenis digital marketing kita tidak akan membahasnya semuanya, dalam kesempatan kali ini kita akan membahas poin nomor 3 yaitu sosial media marketing, nah dalam sosial media marketing juga beragam jenisnya, kita kerucutkan lagi tentang whatsapp marketing. letsgo ke inti poi pembahasan kita gais…

4 CARA OPTIMALISASI WHATSAPP UNTUK BISNIS

Salah satu alasan saya sharing WhatsApp sebagai alat pemasaran yang pernah saya ikuti workshopnya adalah bahwa banyak sekali pengguna media sosial yang satu ini. Namun WhatsApp tidak menjual ruang iklan, sehingga kita harus inovatif dalam melakukan pendekatan pemasaran. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengembangkan strategi khusus untuk WhatsApp marketing.

Berikut ini kita akan kita ulas 4 strategi whatsapp marketingAgar kegiatan pemasaran di WhatsApp dapat berjalan dengan lancar, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Mengumpulkan kontak calon pelanggan sebanyak-banyaknya

Kita bisa mendapatkan kontak calon pelanggan melalui pameran, atau media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Ketika kita menggelar pameran, jangan sampai kita tidak mengumpulkan kontak dari calon pelanggan kita.

Kita dapat mengumpulkan nomor pelanggan dengan cara memberikan promo bersyarat, yaitu calon pelanggan harus mengisi data identitas diri. Meskipun belum terjadi pembelian saat kita menggelar pameran, maka paling tidak kita sudah memiliki nomor WhatsApp mereka untuk di-follow up.

2. Meminta calon pelanggan untuk menyimpan nomor WhatsApp Kita

Setelah kita mendapatkan nomor WhatsApp calon pelanggan kita, langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah meminta calon pelanggan kita untuk menyimpan nomor Whatsapp kita. Tujuannya adalah agar kita dapat melakukan broadcast ke mereka. Karena jika mereka tidak menyimpan nomor kita, maka broadcast kita tidak akan bisa masuk ke WhatsApp mereka.3. Broadcast menarik kepada calon pelanggan secara berkala

Untuk membangun engagement dan mengkonversi calon pelanggan agar mau melakukan pembelian produk, memberikan penawaran yang menarik melalui broadcast saja tidak cukup. Oleh karena itu, sebaiknya kita belajar tentang teknik hypnoselling, hypno-writing, dan copywriting yang baik. kita harus membangun engagement terlebih dahulu dengan mereka, dengan cara berkomunikasi yang baik.

3. Broadcast menarik kepada calon pelanggan secara berkala

Untuk membangun engagement dan mengkonversi calon pelanggan agar mau melakukan pembelian produk, memberikan penawaran yang menarik melalui broadcast saja tidak cukup. Oleh karena itu, sebaiknya kita belajar tentang teknik hypnoselling, hypno-writing, dan copywriting yang baik. kita harus membangun engagement terlebih dahulu dengan mereka, dengan cara berkomunikasi yang baik.

4. Membuat grup khusus untuk reseller

Bentuk grup untuk reseller penjualan produk kita. Tugas kita adalah membina mereka di dalam grup tersebut supaya mereka lebih bisa mahir dalam membantu kita menjualkan produk-produk kita Reseller tersebut bisa kita dapatkan dari database kontak kita. Dari sekian banyak pelanggan, pasti ada yang ingin bergabung untuk menjadi reseller.

Kemudian masukkan mereka ke dalam grup khusus lalu  bina mereka di dalam grup tersebut. Fokuskan pada pengembangan kemampuan mereka dalam menjual produk. Sehingga selain penjualan dan penghasilan mereka meningkat, bisnis kita juga akan terbantu berkembang dengan sendirinya.

Demikian artikel 4 strategi whatsapp marketing yang bisa kita bagikan kepada teman-temen pada kesempatan kali ini, semoga dengan ini bisa membantu teman-teman yang lagi mencari solusi mengenai whatsapp marketing. Sampai jumpa, sampai ketemu di kesempatan lain.

 

 

 

 

 




Post a Comment

Previous Post Next Post